Pages

About Me

Foto Saya
Ahmad Fauzi
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Bisa dilihat di http://muso9.com/akudw
Lihat profil lengkapku

Madu Untuk Kesehatan

Oleh: Abi Mursalat

Harta nomor satu di dunia ini ternyata adalah kesehatan. Karena dengan tubuh yang sehat, orang akan dapat beribadah dengan baik, bekerja dengan giat dan berprestasi lebih tinggi.

Mari kita simak firman Allah dalam surat Asy-Syuaraa (QS 26:80): "Dan apa bila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku."

Jelas sekali, bahwa manusia diciptakan oleh Allah dengan sifat yang lemah. Ini merupakan hukum Allah yang tidak bisa ditawar-tawar oleh manusia. Maka ada sehat pasti ada sakit, ada hidup pasti ada mati, ada siang pasti ada malam, ada kaya pasti ada miskin, ada kuat pasti ada lemah, dan seterusnya. Sesuai firman Allah dalam surat An-Nisa' "Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah" (QS 4:28).

Namun demikian, manusia juga diciptakan sebagai makhluk yang mulia dan lebih sempurna dari makhluk yang lain. Dijelaskan dalam surat Al Israa' :"Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak Adam, kami angkat mereka di daratan dan di lautan, maka kami beri mereka rejeki dari yang baik-baik, dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah kami ciptakan." (QS 17:70)



Maka supaya hidup ini mendapat rahmat, kita sebagai makhluk yang mulia harus mensyukuri rahmat dan nikmat Allah Swt. Yaitu dengan hidup yang beriman, bersih dan sehat sebagai motto "Kehidupan yang Sehat". Harta nomor satu di dunia ini tidak lain adalah kesehatan.

Hidup sehat adalah salah satu dambaan setiap orang. Karena dengan tubuh yang sehat, orang akan dapat beribadah dengan baik, bekerja dengan giat dan berprestasi lebih tinggi. Dan orang yang sakit-sakitan akan terbatas kemampuannya untuk melaksanakan kewajibannya sebagai kholifah di muka bumi. Dengan begitu mencegah penyakit menjadi  penting, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Untuk mendapatkan kehidupan yang sehat, banyak rangkaian usaha yang harus dilakukan, yaitu: pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi. Karena pentingnya masalah kesehatan dalam kelangsungan kehidupan ini, maka kita harus menjaganya dengan baik dan benar.

1. Makan dan minum sesuai dengan kebutuhan tubuh
Allah berfirman dalam surat Al-A'raaf (QS 7:31): "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap memasuki Masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesunggunya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."

Yang dimakan tentunya harus makanan yang baik dan halal. "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS 2:168).

Memakan sayur-mayur dan buah-buahan sangat baik bagi kesehatan. "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan, dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)." (QS 16:69)

2. Olah raga secara teratur
Dengan olah raga yang teratur, niscaya peredaran darah menjadi lancar dan badan menjadi segar, sehat dan kuat. Ibarat tanaman yang kuat, lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas pokoknya. 

"Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu, dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan." (QS 22:77).

"Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS 48:29)

3. Hidup harus seimbang dan bersih
Kehidupan orang-orang pada jaman sekarang ini sudah tidak se imbang, yang mengakibatkan mu dah jatuh sakit. Padahal semestinya kita harus menjaga keseimbangan antara bekerja, istirahat, rekreasi maupun beribadah.

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari, dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (QS 30:23)

Agar hidup sehat, kita harus menjaga kebersihan, baik pakaian, lingkungan maupun hati kita. Semuanya harus bersih dari kotoran yang dapat menumbulkan penyakit. Maka Allah memerintah agar kita menjalani hidup yang bersih.

"Dan pakaianmu bersihkanlah." (QS 74:4). "Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS 9:108)

4. Sabar dan Tawakal
Situasi dan kondisi tertekan bisa menyebabkan orang tidak sabar dalam merencanakan dan mencapai cita-cita kehidupannya. Semestinya kita harus sabar dan tawakal dalam menghadapi setiap masalah kehidupan. Sabar dan tawakkal dapat menghindarkan emosi.

"Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS 2:153)

"Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal. (QS 3:160)

Madu Sebagai Obat
Allah adalah dzat yang Maha Berilmu, sebagaimana dalam firman-Nya dalam Surat Al Kahfi.
"Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)." (QS 18:109).

Dan ditegaskan lagi di surat Lukman. "Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS 31:27)

Apakah obat ciptaan Tuhan Yang Maha Berilmu ? Jawabnya tidak lain adalah Madu, sesuai Firman Allah dalam surat An-Nahl. "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada Lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibikin manusia." (QS 16:68)

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap macam buah-buahan, dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah memudahkan bagimu. Dari perut lebah keluar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya tendapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar tendapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang memikirkannya." (QS 16:69)

Lebah adalah makhluk Allah yang banyak memberi manfaat dan kenikmatan kepada manusia. Sungguh ada persamaan antara madu yang dihasilkan oleh lebah dengan Al-Qur'anul Karim. Madu berasal dari bermacam-macam sari bunga, dan dia menjadi obat bagi bermacam-macam penyakit manusia (lihat QS 16:69).

Sedang Al-Qur'an mengandung inti sari dari kitab-kitab yang telah diturunkan kepada Nabi-nabi zaman dahulu, ditambah dengan ajaran-ajaran yang diperlukan oleh semua bangsa sepanjang masa, untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Jika madu berguna untuk menyembuhkan sakit jasmani, maka Al-Qur'an berguna untuk menyembuhkan sakit rokhani bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa.

1 komentar:

Bisnis Internet Online Semua ada mengatakan...

info yg bermanfaat pak.