Pages

About Me

Foto Saya
Ahmad Fauzi
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Bisa dilihat di http://muso9.com/akudw
Lihat profil lengkapku

Muqoddimah

Introspeksi

Dengan menyebut asma Allah, yang mengajar manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia, apa yang tidak kita ketahui. Dan sholawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad Saw, Rasulullah yang menuntun umat dari kegelapan menuju jalan yang benar.

Sejak terjadi perubahan besar di negeri jamrud khatulistiwa ini, yang dikenal dengan era reformasi, peristiwa besar datang silih berganti. Para pemimpin berebut kekuasaan, para pedagang berebut pasaran, para guru berebut obyekan, pegawai berebut jabatan. Sementara rakyat kecil bingung mencari makanan, dan si anak bingung mencari suri tauladan ...

Balak dan bencana datang bergelombang di negeri ini. Mulai dari Aceh sampai Papua, dari Ambon sampai ke Jawa. Darah tumpah di mana-mana. Seolah tiada wilayah yang aman dari petaka, baik di darat, laut maupun udara. Hal itu sebagai peringatan keras dari Allah SWT. Agar kita semua mau bertaubat.


"Dan begitulah adzab Tuhanmu, apabila Dia mengadzab penduduk negeri-negeri yang berbuat dzalim. Sesungguhnya adzabNya itu adalah sangat pedih lagi keras." (QS 11:102).

Memang kita sadar, sebagian besar bencana itu akibat ulah manusia sendiri. Tapi celakanya, itu dianggap ulah "mereka", manusia lainnya, sehingga kita sibuk mencari kambing hitamnya, tidak pernah introspeksi. Apakah kita tidak menyadari, bahwa sebenarnya kita juga ikut bersalah seperti mereka ?

Besar atau kecil, manusia memang sumbernya salah dan lupa. Maka kita perlu saling mengingatkan tentang kebenaran dengan penuh kesabaran, berpedoman Kitab Allah, yaitu Al-Qur’an, agar kita semua selamat di dunia dan akhirat. Untuk itulah IMTAQ hadir di tengah-tengah kondisi yang memprihatinkan ini. Kami berharap bisa menjadi penyegar iman dan taqwa. Karena hanya kepada Allahlah kita mohon petunjuk dan pertolongan.

IMTAQ hadir disini untuk ikut menegakkan kalimah Allah. Di sini kami sajikan kajian-kajian agama Islam berdasarkan Al-Qur'an. Sengaja kajian Al-Qur'an di sini kami sajikan terjemahan bahasa Indonesia, agar praktis dan mudah dimengerti, oleh orang awam sekali pun. Namun tetap bisa dirujuk kepada teks aslinya, dalam Al-Qur'an.

"Sungguh, Kami mudahkan Al-Qur'an itu dengan bahasamu, agar mereka mendapat pelajaran.” (QS Ad-Dukhaan/44:58)

Sebagai manusia biasa, kami juga tak luput dari salah dan lupa. Maka suasana dialogis perlu kita bangun bersama, untuk mencapai solusi yang lebih baik. Bila anda punya masalah, makalah atau pendapat soal agama Islam, silahkan menghubungi kami melalui surat pos, sms atau e-mail. Dengan begitu insya Allah kita diberi petunjuk ke jalan yang benar.

Bukankah tiap hari kita berikrar: “Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku, semata hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala.” Semoga itu bukan hanya di lisan saja. Tapi kita jalani dengan sepenuh hati. Agar Allah tidak marah lagi. Sudah saatnya kita introspeksi.

Salamun ‘alaikum ...

0 komentar: